Medan

Giliran kota Medan.

Sebenarnya kalau kotanya biasa saja untuk sebagian orang tetapi menjadi spesial buat saya karena saya menghabiskan masa kecil disana.

Makanan!! sebelum ke Medan wajib diet dulu setidaknya ini berlaku buat saya jadi waktu sekembali dari Medan masih bisa mentolerir kenaikan berat badan yang lumayan itu.

– Kesawan…. malam menjelang maka sepanjang jalan ini didirikan tenda lengkap dengan sound system dan berderet penjaja makanan khas kota medan. sudah seperti lagi di china town deh pokoknya.Carilah makanan khas kota Medan seperti Kari Kambing, Sate Kerang, Soto Udang, Serabi, Es Campur, ataupun chinese food yang terkenal. Kari Kambing asyik banget kalo dimakan dengan roti jala, roti jala bukan sepotong roti seperti namanya tetapi adonan seperti crepes tapi dibentuk seperti jala. Sayangnya saya tidak menemukan roti jala..

– Selain Kesawan juga ada Jl. Semarang, Jl. Selat Panjang.. yang memang sejak lama dikenal dengan deretan penjaja makanan khususnya chinese food khas medan.

– Medan Square. Dulunya tempat ini adalah lapangan yang berada di tengan kota namun sekarang tempat ini agak berubah bentuk sedikit karena ada sisipan sederetan cafe dan resto.

Untuk tempat makanan, hanya sempat mendatangi tempat2 yang diatas meskipun masih banyak tempat jajanan lain. Selain tempat makanan khas Medan, juga ada oleh2 makanan khas kota Medan.

  • Bika Ambon. Mau cari bika ambon yang jadi oleh2 wajib kalo kita berkunjung ke Medan? cari aja Jl. Majapahit, sederetan jalan tersebut memang dikenal sebagai pusatnya jajanan Bika Ambon.
  • Ada satu oleh2 yang belakangan ini naik daun yaitu Bolu Gulung dengan merek dagang Meranti. Terletak di Jl. Kruing dekat Jl. Gatot Subroto. Banyak orang di luar Medan yang sudah tau Bolu Gulung ini tapi ketika saya bertanya2 lokasi tokonya ternyata orang Medan sendiri banyak yang tidak tau WOW!!

Untuk objek yang bisa dikunjungi di Medan sepertinya hanya ada Mesjid Raya & Istana Maimun. Sedangkan objek wisata lainnya ada di luar kota Medan. Jadi kalau di kota Medannya sendiri yang paling bisa dinikmati adalah makanan dan mungkin bisa mencoba naik becak dayung atau becak motor. Bedanya becak motor adalah memakai motor sedangkan becak dayung memakai sepeda dan uniknya becak ini adalah sang pengemudi ada di sebelah kanan penumpang.

Ok enough story ttg kota Medan, kita trip ke Danau Toba dan Pulau Samosir aja yuk…

Perjalanan dari kota Medan ke Prapat/Danau Toba menghabiskan sekitar 4 jam perjalanan darat. Kalau tidak bawa kendaraan pribadi ataupun sewa mobil maka kita bisa menggunakan jasa travel antara lain Tobali Tour no telp (061) 7324471-7324472 dengan tarif IDR 80.000. Sekitar 1 jam perjalanan dari Medan, ada daerah yang namanya Parbaungan. Daerah ini penghasil dodol, jadi dikenal dengan dodol parbaungan. Satu hal yang menjadi catatan adalah sepanjang perjalanan kebanyakan rumah penduduk dan warung2 kecil sehingga susah sekali kalau tiba2 kebelet setoran. Hal ini terjadi pada orang yang jadi teman satu trip. Dia akhirnya meminta tolong ke salah satu rumah penduduk untuk dapat menggunakan WCnya.

Untuk menyebrangi danau toba menuju samosir maka lebih baik kalau kita tahu terlebih dahulu tujuan kita kemana jadi kapal bisa mengantar kita langsung ke tempat tujuan. cuma sekitar 20 menit dan harga feri IDR 7.000 kita bisa sampai ke daerah Tuk-tuk Samosir.Untuk turis baik lokal maupun luar, sepertinya memilih duduk di feri bagian atas ataupun yang bagian terbuka lebih menyenangkan karena bisa merasakan angin dan suasana yang meneduhkan hati deh… Penginapan di Tuk-tuk yang OK sepertinya Carolina Cottages (itu yang saya liat sekilas waktu ferry lewat) tapi memang kamarnya penuh terus. Kata turis yang nginap disana, dengan harga Rp. 80.000 dah dapat kamar yang pakai hot water (jangan cari kamar AC karena ga dibutuhkan sama sekali). Kemarin saya menginap di Samosir Cottages, kalo perlu no telp silahkan contact (0625) 410050, 451311 dan ada websitenya di http://www.geocities.com/samosir cottages or email di samosirres@hotmail.com. Di cottages ini juga rame koq dan untuk malam hari ada acara barbeque (perlu reservasi) dan acara tari2an adat jadi orang-orang yang menginap di cottages lain pun banyak yang datang kesini untuk menikmati acara malam disitu.

Namun sayangnya makanan yang tersaji lebih ke arah memenuhi selera perut Internasional padahal kalau yang disajikan adalah makanan sajian khas sepertinya kita jadi bisa lebih merasakan ada di tanah batak lho.

Advertisements
»

One Response

  1. horas orang Medan. Medan kota yang Ok. banyak makanan enaknya. mbak Bella, permisi iklan ya he2 … Visit: http://www.indonesia-travel-guide.com
    Jakarta is the biggest city in Indonesia with a role as the capital of Indonesia as well as the government center of Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: