Bangka – Belitung

Again urusan kantor.

2 kota yang harus dikunjungi, yaitu Tanjung Pandan dan Pangkal Pinang. Mumpung kotanya deketan jadi bisa sekalian dibuat 1 jadwal.

Mendarat Tanjung Pandan hanya menghabiskan waktu 40 menit di udara dari Jakarta. Tidak banyak flight yang melayani rute ke Bangka Belitung, kalau tidak salah ada Adam Air, Sriwijaya Air, Batavia Air. Dan jadwal penerbangannya pun hanya ada pagi jam 7.

I wish i could have additional bonus like previous cities yaitu menikmati pemandangan yang ada di tiap provinsi khususnya harapan di Bangka-Belitung adalah memandang pantainya yang terkenal indah itu tapi ternyata saya gagal hiks…. karena jadwal yg padat jadilah saya menikmati kotanya saja.

Di Tanjung Pandan menginap di Hotel Martani, hotel ini sepertinya sudah lumayan tua. Untuk ukuran hotel setua ini sih memang termasuk mahal karena kena tarif IDR 267.000. Untuk penginapan di kota ini katanya yang bagus ada Hotel PI, selain berada di pinggir laut juga masih baru dan bersih tetapi ternyata ketika saya pesan, sudah keduluan rombongan org Pemda.

Untuk pantai di kota Tanjung Pandan adalah Tanjung Pendam. Untuk menikmati pantai yang lebih indah harus agak keluar kota. Ada tempat wisata untuk pulau belitung
 tapi ga sempat menikmati keindahan pantai2 di Bangka maupun Belitung. Untuk oleh2 Belitung bisa beli dodol sukun, kripik sukun atau apapun yang berhubungan dengan sukun tetapi untuk sejenis kerupuk dll lebih baik beli di Pangkalpinang karena asalnya dari sana jadi lebih murah.

Ada satu makanan yang harus dicoba kalau di belitung, namanya gangan . Yang kemarin saya makan yaitu Gangan Kepala Ketarap yaitu memakai kepala ikan jenis ketarap. Entah ikan Ketarap hanya ada di Pulau Belitung atau di daerah lain dikenal dengan nama yang lain, sepertinya sih Kakap.

Naik ferry dari Tanjung Pandan menuju ke Pangkal Pinang dengan ongkos IDR 171.000 dan kita akan menghabiskan waktu 4 jam di ferry. Itupun jadwal ferry hanya ada pagi jam 8. Apabila tidak suka dengan suasana laut atau merasa tidak mau menghabiskan waktu 4 jam di laut bisa memilih pesawat udara. Jalur Tanjung Pandan – Pangkalpinang dilayani oleh Riau Air tetapi jadwal penerbangan hanya ada hari Sabtu, Minggu, dan Senin jadi di hari lain pasti mau tidak mau naik ferry. But still i prefer ferry anyway.

Nah tibalah di Pangkalpinang. Kota yang jauh lebih besar dibandingkan dengan Tanjungpandan.

Di kota ini saya dikasih jatah penginapan di hotel Centrum, dekat Jl Sudirman “hanya” dengan tarif IDR 315.000 untuk ukuran kamar yang sama seperti di Tanjung Pandan dan Hotelnya baru, bersih… ga ngerti deh ini masuk klasifikasi bintang berapa karena satahu saya hotel ini minus kolam renang tapi selain itu OK kalau malam minggu di restonya juga ada panggung untuk band. Murah lah!!!

Mau cerita makanan di Bangka tapi kalo martabak dan mie bangka ga usah diceritain lagi karena itu sudah jamak jadi mendingan cerita yang ga biasa aja.

Pempek bukan cuma punya Palembang, ada juga pempek Bangka. Adonan dan rasa pempek pada dasarnya sama dengan punya Palembang tetapi yang membedakan adalah kuahnya. Kalo yang Palembang, kita makan dengan cuko yang berwarna kecoklatan  sedangkan pempek Bangka, kita makan dengan kuah tauco. Sebenarnya 2 macam kuah yaitu tauco dan satu lagi kuah merah yang rasanya segar pakai campuran sari jeruk (entah ini disebut apa). Tergantung selera bagaimana mencampur kuah untuk menikmati pempek tersebut.

Selain pempek ada pula otak2. Jangan membayangkan kita makan otak2 dengan kuah kacang seperti yang biasa saya makan di Jakarta.Otak2 disana rasanya sama dengan yang di tempat lain tapi bedanya (lagi2) kuahnya. Ya.. kita makan dengan campuran 2 macam kuah di atas tadi, bisa mencampur 2 macam kuah atau pilih salah satu yang paling disuka hmm.. sesuai selera lah.

Mudah-mudahan ada rejeki bisa jalan2 ke Bangka, bener2 jalan2 di seluruh pantainya

Advertisements
« »

One Response

  1. good, i’m homesick !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: