Padang

Landing di bandara Minangkabau sudah menyuguhkan pemandangan tersendiri karena di sisi kiri terhampar pantai sedangkan di sisi kanan adalah deretan pegunungan.

Setelah menyelesaikan pekerjaan, akhirnya bisa menikmati sisa waktu di Sumatera Barat meskipun cuma sebentar.

Beberapa km dari kota Padang kita bisa menikmati pemandangan di pantai air manis yaitu pantai yang terkenal dengan legenda anak durhaka Malin Kundang. Di lokasi terdapat bentuk manusia yang seperti sedang bersujud dan disekitarnya terdapat bentuk kapal tetapi bentuknya sebenarnya tidak orisinil seperti awalnya karena sudah ditambahkan semen disana sini agar bentuknya lebih menyerupai manusia dan pecahan kapal. Menurut saya sih seharusnya dibiarkan dalam bentuk orisinil jadi bentuk aslinya tetap terjaga. 

Trip ke daerah Bukittinggi. Tekstur geography disana terletak di dataran tinggi sehingga cuacanya adem. Bukittinggi adalah lokasi yang menarik banget untuk dikunjungi apalagi kalau senang sejarah karena banyak lokasi2 bersejarah selain banyak juga melahirkan orang2 yang membuat sejarah di negeri ini.

on the way ke Bukittinggi saya melihat rumah adat yang bagus banget. Karena tidak bisa dapat melihat istana pagaruyuang maka jadilah rumah ini yang saya foto.

Di kota ini terdapat jam gadang yang terkenal. Berada di pusat keramaian dan dekat pasar. Ada satu hal yang menarik tentang jam gadang ini yaitu adanya penulisan angka IIII romawi untuk menunjukkan angka IV. Dulu ketika baru didirikan bentuk puncak jam adalah berbentuk ayam. Pada masa Jepang, bentuk puncak dirubah menjadi bentuk kelenteng. Dan setelah masa kemerdekaan dirubah menjadi bentuk rumah adat.

Di sini juga terdapat Lobang Jepang/Goa Jepang. Di dalam goa itu terdapat ruang2 antara lain barak, ruang sidang, ruang makan romusha, ruang tidur, dan ruang amunisi. Dan juga satu lubang besar yang dibuat untuk membuang tubuh para korban yang langsung menuju ke ngarai sihanouk. Sepertinya mustahil kerangka mayat ini untuk ditemukan yah?

karena gempa besar yang terjadi di awal tahun 2007 jadi tidak diperkenankan masuk ke gua itu lagi karena belum direnovasi sehingga membahayakan pengunjung. Oh ya karena gempa tersebut juga maka terbentuk tebing-tebing baru di ngarai sihanok lho.

Karena trip ini cuma trip sisipan disela2 kunjungan kerja jadi yah … tidak lengkap seperti lagi jalan2.

Advertisements

One Response

  1. duch… indah banget kota padang/….
    jadi kepingin banget ne k sana….
    buat penulis ne web…
    fto-fto kota padangnya lebih d perbanyak lagi dunk…

    ya itung-itung buat orang yang kangen ma kampung halaman…

    thx yach…

    ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: