Kiat Berhemat

Sumber :NOVA

Dengan semakin meningkatnya biaya hidup, rasanya makin sulit untuk menabung! Apalagi, jika Anda memiliki anak-anak dengan kebutuhan dan keinginan yang cenderung harus selalu dipenuhi, di samping kebutuhan dan keinginan pasangan dan Anda sendiri.

LANGKAH 1
Ada beberapa cara yang dapat Anda pelajari untuk bisa hidup dalam keterbatasan ekonomi, yang tak akan menyulitkan kehidupan sehari-hari. Salah satunya, Anda dapat mengurangi kebiasaan ngopi di kafe. Dengan memotong uang ngopi, Anda akan merasakan jumlah uang yang dapat disisihkan.

LANGKAH 2
Kebiasaan Anda membeli buku, dengan hanya sekali membaca lalu disimpan di rak sampai berdebu, dapat diganti dengan cara membaca buku kegemaran di perpustakaan atau toko buku yang menyediakan tempat untuk membaca. Luarbiasa, lho, jumlah uang yang dapat Anda sisihkan dari sini.

LANGKAH 3
Apakah ada rekan sekantor yang tinggal satu area dengan tempat tinggal Anda? Bila ya, Anda bisa ikut menumpang pulang-pergi ke kantor bersamanya. Anda bisa menyumbang uang bensin, atau menyetir bergantian. Selain menghemat uang dan tenaga, Anda dan teman bisa mengobrol ketika jalanan macet agar tak bikin bete. Untuk makan siang, Anda bisa menyaipkan bekal dari rumah. Anda pasti terkejut dengan jumlah uang yang dapat disisihkan karena tak perlu lagi mengeluarkan uang untuk jajan makan siang.

LANGKAH 4
Pasang mata dan kuping Anda, kapan ada sale di mal. Belilah barang ketika musim sale, dan simpan jika belum memerlukannya. Misalnya, pakaian kerja, gaun pesta, pakaian dalam, atau sepatu. Dan ingat, jangan pernah berbelanja selagi lapar karena Anda pasti akan menghabiskan uang lebih banyak. CD atau DVD? Daripada membeli, lebih baik nonton teve atau meminjamnya dari teman, mendengarkan radio, atau bermain komputer.

LANGKAH 5
Malam hari, jika sudah tidur, matikan lampu. Selain menghemat energi, Anda pun menghemat uang! Jangan berlangganan koran! Berita apa pun yang ingin Anda dengar, ada di teve, radio, dan internet. Cara ini dapat menghemat pengeluaran Anda. Jika frekuensi penggunaan ponsel Anda tinggi, pastikan pembicaraannya sudah disiapkan. Jangan menelepon terlalu lama karena pulsa akan terus berjalan, dan ingat berapa uang yang Anda keluarkan.

LANGKAH 6
Dengan mengubah kebiasaan dan berhati-hati dalam membelanjakan uang, bukan berarti Anda harus mengubah seluruh kualitas hidup Anda, lho! Anda tetap bisa menikmati hidup, namun dengan tetap memasang rambu-rambu atas pengeluaran Anda.

gw banget tuh….tapi kenapa boros jadi masalah, hemat juga jadi masalah karena disalahin? haha…manusia emang selalu cari masalah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: